Bungker Bekas Perang Dunia II Diubah Menjadi Gudang Anggur

Firma arsitektur McGregor Westlake Architecture merenovasi sebuah Bungker dan menyulapnya menjadi tempat penyimpanan anggur bawah tanah. Iya bungker, tempat berlindung dari bom pada era peperangan.  Pemilik barunya memutuskan untuk merombak setelah 80 tahun tidak terawat baik bungker dan linkungan sekitarnya. Hal ini dikutip dari laman Kompas.com.

“Perbaikan pekerjaan ini dilakukan karena buruknya pondasi, masalah air sudah diselesaikan dengan baik saat kami datang ke tempat ini,” ungkap arsitek Peter McGregor.

Direnovasi tentu saja karena akan dimanfaatkan kembali meski beralih fungsi. Meski demikian, McGregor dan Tim memilih untuk memperlihatkan pondasi blok dengan menyisakan beberapa bagian asli ruangan.

Batuan asli yang terpampang dengan teksturnya dipertahankan agar ruangan tetap cantik. Dipadupadankan dengan batu baru menimbulkan efek kontrak sebagai penghias interior. Sebuah galeri, tempat makan berikut kamar mandi dibangun di dalam ruangan bawah tanah ini.

Pintu yang dikendalikan dengan remote kontrol berada di atas tangga batu yang mengkoneksikan rumah utama ke ruang bawah tanah. Tangga menuju ke ruang galeri dilapisi dengan alas beton dan dibuat terpisah dari tangga gantung yang mengarah ke rumah utama.

“Pemisahan tangga menjadi dua bagian menciptakan efek dramatis ketika akan memasuki ruangan, seperti masuk ke dalam gua,” ungkap McGregor.

mau pilihan rumah yang unik unik lainnya ? kunjungi carirumahbaru.com

Share This

Follow Us